Thursday, March 13, 2014 - 0 comments

The Bretton Woods _ John Maynard Kennes



                                   The Bretton Woods _ John Maynard Kennes

     The Bretton Woods System adalah sebuah badan yang dibangun untuk membantu mengatur hubungan masalah keuangan antara negara negara industri didunia, dipertengahan abad ke-20. Selain itu juga untuk membangun sistem perekonomian Negara-Negara besar dimata    internasional yang masih kacau dikarenakan oleh akibat dari perang dunia ke II.
     Ratusan wakil pemerintahan dari puluhan negara berkumpul untuk mengasakan konfederasi yang dikenal juga sebagai konfederasi Bretton Woods.Selama perundingan itu berlangsung, diakhir konfederasi ada perjanjian yang disetujui dan ditandatangani pada hari terakhir.
     Dengan dibentuknyaThe Bretton Woods System maka, para pembuat The Bretton Woods itu sendiri membangun kembali dua badan sebagai bagian dari kelompok untuk bank dunia yaitu, Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan yang dikenal dengan Bank Dunia pertama serta Dana Moneter Internasional.

     Sebenarnya fungsi utama dari System Breeton Woods merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh negara didunia untuk mengadopsi kebijakan yang berlaku didalam dunia keuangan untuk mempertahankan nilai tukar, jadi seluruh mata uang dunia harus mengikatkan diri kepada nilai mata uang dollar AS sebagai jembatan guna untuk keseimbangan ekonomi dunia.

     Tetapi dengan serentak pada tahun 1971 amerika serikat dengan sepihak memberhentikan segala kegiatan keuangan yang berhubungan dengan dollar AS yang dikaitkan dengan emas. Dengan demikian ini menyebabkan System Bretton Woods berakhir dan melihat mata uang dollar menjadi tidak bernilai lagi. Situasi ini menimbulkan mata uang dollar AS menjadi mata uang yang disamakan dengan mata uang negara negara belahan dunia yang lain, dan menjadi mata uang tetap yang mengambang bebas.

     Dengan runtuhnya System Bretton Woods ini menyebabkan beberapa studi dalam bidang ekonomi internasional menjadi bidang yang berbeda dengan beberapa keunggulan ekonomi yang terbuka.  sedangkan dalam hal politik System Bretton Woods sendiri berada di dalam dua keadaan utama yaitu perebutan atau ketegangan kekuasaan dibeberapa Negara kecil didunia dan kegagalan dalam menanggulangi masalah - masalah ekonomi setelah berakhirnya perang dunia ke I dan II.

Thanks,
Novita Veronica.

0 comments:

Post a Comment